Cafe Mojako adalah salah satu Cafe yang berada di Surabaya, yang terletak di Jl. Semampir Tengah IV4/4. Tempat ini cukup Instagrammable dan mempunyai berbagai spot foto yang menarik.
Selain design interiornya yang aesthetic, cafe ini juga mem-fasilitasi Wi-Fi, meja dengan stop kontak. Cafe ini juga terdiri area outdoor yang membuat pelanggan bebas merokok, walau cafe ini terkesan mewah harga minuman dan makanan nya sangat terjangkau.
Proses Bisnis di Mojako adalah memanfaatkan sosial media untuk media pengiklanan dan mengundang Vlogger - vlogger untuk mempromosikan Bisnis mereka.
A. Strategi Mojako adalah pengiklanan, dan juga mengundang vlogger - vlogger, jadi untuk teknikal : semua stok harus detail dan dicatat pengeluarannya, dan pemasukan.
Planning : mengusahakan selalu membuat rencana menu baru yang sesuai dengan masyarakat. karena di cafe kita rata - rata customer anak - anak muda. Untuk target kita masyarakat kelas menengah.
B. Untuk Job Desk setiap karyawan mempunyai kelebihan masing - masing diasahkan sesuai minat masing - masing, dan akan selalu di rolling agar semua mendapatkan pengalaman yang sama, bila mana ada kesulitan akan dibantu dengan senior atau yang lebih profesional.
C. Bila ada miskomunikasi harus ada keryawan yang bisa menengahkan dan tidak mendukung pihak manapun dan dari owner harus berpihak bahwa semua karyawan itu sama.
D. Dilihat secara profesional dari semua karyawan. Untuk awal akan ada teguran dan untuk ke 2 kali diberikan surat peringatan terakhir, kalo kinerja tetap sama makan akan di pecat.
Hasil Dokumentasi :
Berikut Tabel BMC dan Penjelasannya :
Key Partnerships
- Supplier
Bahan Baku makanan - Supplier
mebel untuk menunjang kebutuhan meja dan kursi |
Key Activities - Produksi Makanan dan minuman - Penjualan Makanan dan minuman |
Value Propositions -
Quality Control dan standar kualitas makanan -
Tempat yang nyaman
dan asri, memberikan kesan
tenang dan dapat berkonsentras i bagi mereka yang
sedang melakukan pekerjaan. |
Customer
Relationship -
Bantuan Personal: media
social.
|
Customer
Segment
- Mahasiswa yang
berada di Kota Surabaya |
||
Key Resources - Sumber
Daya Fisik: Bangunan, tanah, dan aset- aset pendukung - Sumber
Daya Manusia: 6 orang
karyawan |
Channels
Partner Channels: - Media sosial
(Facebook dan Instagram) |
|||||
|
Cost Structure |
|
|
Revenue Streams -
Penjualan produk
makanan dan minuman
|
||
Biaya
Tetap: - Biaya gaji karyawan @Rp.2.600.000 per bulan |
Biaya Variabel: -
Biaya pemeliharaan tempat (air dan listrik : Rp.5.000.000/tahun, Wifi : Rp.4.000.000 pertahun) -
Biaya operasional
(Rp.15.000.000) |
|
||||
Komentar
Posting Komentar